5 aplikasi perekam layar android

Merekam layar - Banyak di antara kita yang ingin merekam aktifitas layar android. Seperti untuk merekam langkah-langkah penggunaan aplikasi, merekam saat bermain game, atau merekam untuk membuat konten video pada android. Mungkin ada beberapa ponsel yang telah menyediakan fitur perekaman layar, tapi itu hanya beberapa saja. Banyak perangkat android yang tidak menyediakan fitur perekam layar. Nah maka dari itu bagi perangkat android yang tidak ada fitur perekaman layar kita perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga tentunya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan info mengenai 5 aplikasi perekaman layar terbaik untuk android. Aplikasi perekam layar ini ada yang tersedia secara gratis dan ada juga yang berbayar. Perbedaan yang sangat terlihat ialah pada saat perekaman, Aplikasi yang gratis biasanya menggunakan watermark di hasil rekaman.


Berikut 5 aplikasi perekam layar android

1. DU Recorder
5 aplikasi perekam layar android
Aplikasi perekam layar yang pertama adalah DU Recorder. DU Recorder merupakan aplikasi perekam layar terbaik untuk android. Aplikasi ini telah memiliki 50 juta pengguna, memang tidak salah lagi jika banyak yang menggunakan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini kita bisa merekam layar dengan hasil video kualitas tinggi secara gratis. Ukurannya pun cukup ringan yaitu hanya 11 MB saja. Tetapi di balik ukuran yang ringan itu banyak sekali fitur yang tersedia, seperti:
  • Perekaman layar. Tentunya dengan aplikasi DU Recorder kita bisa merekam aktifitas layar android kita. Merekam ketika bermain game, ketika sedang video call, pada saat bermain sosial media, dan bisa digunakan ketika ingin membuat langkah-langkah penggunaan aplikasi tertentu. DU recorder menyediakan kualitas rekaman yang sangat baik, sehingga hasil rekaman layar sangat jernih dan lancar tidak putus-putus. Fitur lain yang tersedia pada perekaman layar yaitu penjedaan ketika perekaman, merekam suara luar, menggambar ketika merekam, mengaktifkan kamera depan, dan lainnya.
  • Pengeditan video. DU Recorder memiliki fitur pengeditan video, dengan fitur ini kita bisa mengedit video hasil perekaman layar kita. Pada fitur pengeditan kita bisa memotong bagian video tertentu yang kita inginkan, menggabungkan beberapa video, menambahkan musik ke video, dan kita juga bisa mengatur volume dari suara video.
  • Screnshoot atau tangkap layar. Dengan aplikasi ini kita bisa mengambil gambar layar ketika proses perekaman dengan satu klik. Hasil dari tangkapan layar bisa kita edit menggunakan fitur pengeditan gambar. Hal ini bisa dimanfaatkan ketika ingin membuat thumbnail video. Fitur-fitur ini tersedia pada jendela floating atau pada bilah notifikasi android kalian.
Baca juga:

  1. Cara menyembunyikan aplikasi tanpa root
  2. Cara melacak ponsel yang hilang

2. AZ Screen Recorder
5 aplikasi perekam layar android

AZ Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar terbaik kedua. Aplikasi ini telah di download sebanyak 10 juta pengguna di dunia. Banyak juga keunggulan dari aplikasi ini, seperti tidak perlunya root atau non root untuk mengaksesnya, ukuranya pun cukup ringan yaitu hanya 15 MB saja, kemudian tidak adanya watermark video sehingga hasil rekaman kita menyeluruh tanpa ada halangan watermark, keunggulan selanjutnya dari aplikasi ini yaitu tidak adanya iklan atau bebas dari periklanan. Sehingga kita bisa melakukan perekaman layar tanpa ada gangguan lagi. 

Aplikasi perekam layar ini tersedia secara gratis dan mampu menghasilkan rekaman yang berkualitas tinggi. Dengan aplikasi ini kita bisa menjeda proses perekaman pada saat penggunaan. Fitur lain yang tersedia yaitu kita bisa merekam suara dari hp android kita dan menghasilkan suara yang jernih tentunya. Tidak hanya itu, banyak juga fitur tambahan yang tersedia seperti memilih kualitas rekaman, menampilkan sentuhan tangan, menghitung waktu mundur, menambahkan tulisan atau video, dan jika memori ponsel kalian tidak memadai, kalian bisa mengatur penyimpanan hasil rekaman layar bisa kita simpan pada kartu memori atau memori telepon.  

3. Perekam Layar Mobizen
5 aplikasi perekam layar android

Mobizen - Record merupakan aplikasi perekam layar terbaik ketiga. Perekam layar yang satu ini cukup populer pada saat ini, dengan pengunduh lebih dari 50 juta. Mobizen mampu menghasilkan kualitas rekaman yang sangat tinggi yaitu resolusi 1080p dengan kualitas 12 Mbps. Hal ini sangat baik jika digunakan untuk perekaman ketika bermain game. Tidak hanya itu aplikasi ini mampu menyediakan fitur yang banyak walaupun ukuran dari aplikasi ini tergolong ringan. Fitur yang tersedia seperti mengaktifkan kamera depan ketika perekaman dan merekam suara permainan atau suara anda.

Fitur lainnya yang memberi keunggulan dari aplikasi ini adalah dengan adanya fitur edit video seperti menambahkan video pembuka dan penutup, memotong video, dan menambahkan video. Perekaman video menggunakan aplikasi ini kita bisa merekam video dalam durasi yang panjang. Jika memori perangkat kalian tidak cukup untuk menyimpan videonya, kita bisa menyimpan hasil rekaman pada memori tambahan atau memori eksternal. Oiya perlu kalian ketahui bahwa dengan aplikasi ini kita bisa menghapus watermark dengan gratis loh, dan juga aplikasi ini dapat digunakan pada android tanpa root atau noon root.

4. Screen Recorder - No Ads
5 aplikasi perekam layar android

Seperti namanya, aplikasi Screen Recorder - No Ads ini merupakan aplikasi perekam layar tanpa adanya iklan atau bebas iklan. Sehingga penggunaan aplikasi ini bisa berjalan dengan lancar tanpa gangguan iklan. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan juga tanpa adanya root akses sehingga penggunaanya pun mudah tanpa perlu repot-repot melakukan root terlebih dahulu. Aplikasi ini telah di download lebih dari 1 juta pengguna di dunia. Ukuran dari aplikasi ini sangat ringan yaitu kurang dari 3 Mb, jadi kalian tidak perlu waktu lama untuk mendownloadnya. 

Dengan ukuran yang sangat kecil, aplikasi ini mampu menyajikan begitu banyak fitur. Seperti, ambil tangkapan layar ketika perekaman, dukungan kamera depan, fitur floating jeda dan penghentian perekaman, dan fitur lainnya. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini kita juga bisa mengedit hasil video. Kita bisa memotong video, menambahkan video, menambahkan logo, dan dapat menambahkan tulisan pada video. Penyimpanan video juga dapat diatur menggunakan penyimpanan internal atau bisa menggunakan penyimpanan eksternal. 

5. Aplikasi Rekam Layar Bawaan Hp
5 aplikasi perekam layar android

Beberapa ponsel android telah menyediakan aplikasi perekaman layar tanpa mendownloadya lagi. Namun fitur ini tidak tersedia pada semua ponsel. Keunggulan dari aplikasi ini adalah tidak adanya watermark pada video hasil rekaman. Karena kebanyakan aplikasi perekam layar saat ini banyak yang menggunakan watermark pada video hasil rekaman, kemudian kita harus membayar untuk menghilangkan watermark tersebut. Dengan aplikasi bawaan android ini kalian tidak perlu membayarnya dan tersedia secara gratis. Seperti hp yang saya gunakan ini yaitu xiomi redmi note 4 telah tersedia aplikasi perekaman layar. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa root dan tersedia tanpa iklan. 

Fitur dari aplikasi ini tidak kalah menarik dari aplikasi yang tersedia di playstore. Seperti yang lainya, aplikasi ini mampu menghasilkan resolusi video yang sangat tinggi yaitu  sampai 1920*1080.  Kita dapat mengatur resolusi tersebut dengan tiga pilihan, yang terendah yaitu 800*480. Namun jika ingin menghasilkan video yang jernih saya sarankan menggunakan resolusi yang pertama. Tapi ukuran hasil video nya pun akan sangat besar, dan ini memerlukan penyimpanan yang longgar. Banyak kekurangan dari aplikasi ini yaitu seperti tidak adanya fitur untuk mengaktifkan kamera depan, penyimpanan video tidak bisa di atur yaitu pada penyimpanan internal. Jika kalian tidak ingin repot-repot mendownload aplikasi tambahan maka bisa menggunakan aplikasi bawaan seperti ini. Tetapi jika ingin mendapatkan banyak fitur bisa download aplikasi perekam layar  seperti yang saya sarankan di atas.



Nah itulah daftar 5 aplikasi perekam layar android terbaik. Aplikasi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Maka pilihlah aplikasi seperti di atas sesuai kebutuhan kalian. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya minta maaf yang sebesar besarnya. Mungkin jika kalian ingin memberi saran tentang aplikasi perekam layar yang terbaik bisa berkomentar di kolom yang sudah saya sediakan. Dan jika berkenan kalian bisa share artikel ini agar bisa menambah pengetahuan bagi banyak orang. Terimakasih atas kunjungannya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel