Cara Membedakan Notifikasi Setiap Kontak Whatsapp

Tahukah kalian bahwa whatsapp telah menyediakan fitur untuk membedakan notifikasi setiap kontak. Atau dengan nama notifikasi khusus. Jadi dengan fitur ini kita bisa mengatur nada notifikasi whatsapp agar berbeda satu dengan kontak yang lainnya. Kita dapat mengganti notifikasi secara keseluruhan, baik memberikan nada dering khusus atau memberikan popup ketika menerima pesan chat. Sehingga dengan mudah kita dapat membedakan dari siapa chat yang masuk atau berasalah dari grup chat yang mana. Pastinya trik ini sangat berguna bagi kalian yang memiliki kontak faforit atau kontak penting dengan kontak yang kurang penting atau biasa mengganggu kalian.

Dengan pengaturan notifikasi kita bisa mengubah nada dering whatsapp dengan lagu atau ringtone yang ada di memori ponsel. Atau kita juga bisa mendownload nada dering yang tersedia di internet kemudian menjadikannya nada dering untuk whatsapp. Banyak sekali website yang menyediakan nada dering yang bagus dan tersedia secara gratis, kalian bisa download nada dering pilihan kemudian menyimpannya pada folder notifikasi agar mudah menemukannya. Ok mungkin kalian sudah penasaran gimana cara membedakan notifikasi setiap kontak. Mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Gimana Sih Cara Membedakan Notifikasi Setiap Kontak Whatsapp?
Cara Membedakan Notifikasi Setiap Kontak Whatsapp


Mengubah nada notifikasi khusus setiap kontak

Pesan masuk agar mudah di diketahui tentang siapa yang memberi pesan. Maka kita harus mengganti satu demi satu kontak whatsapp, tapi dengan nada dering yang berbeda. Atau bisa mengaktifkan popup pada kontak tertentu. Begini caranya,
Cara Membedakan Notifikasi Setiap Kontak Whatsapp
  1. Pertama kita buka aplikasi whatsapp, kemudian kalian tentukan kontak mana yang mau di ganti nada notifikasinya.
  2. Kemudian buka kontak tersebut sehingga sampai pada tampilan chat.
  3. Jika sudah, kita klik pilihan (titik tiga pada sebelah atas) dan tap lihat kontak.
  4. Selanjutnya tap notifikasi khusus dan centang "Gunakan notifikasi khusus". Maka kita bisa mengganti nada notifikasi pesan atau notifikasi panggilan, mengaktifkan mode getar ketika menerima pesan, mengaktifkan popup, dan mengganti lampu LED notifikasi jika ponsel kalian mendukung fitur ini.
Mengubah nada notifikasi seluruh kontak whatsapp
Cara Membedakan Notifikasi Setiap Kontak Whatsapp

Pengubahan ini akan berpengaruh pada kontak-kontak yang tidak menggunakan notifikasi khusus. Jadi dengan mengganti nada notifikasi seluruh kontak kita tidak perlu kawatir notifikasi khusus yang tadi kalian ganti itu ikut berubah, karena kita telah memberi centang pada notifikasi khusus kontak pilihan sehingga notifikasi khusus tidak berubah. Berikut cara mengubah nada notifikasi seluruh kontak whatsapp,
  1. Langkah pertama buka aplikasi whatsapp, selanjutnya buka setelah whatsapp.
  2. Pada menu setelan banyak pilihan seperti setelah akun, chat, notifikasi, dan lainnya. Kita pilih notifikasi,
  3. Untuk mengubah nada notifikasi chat kita klik nada notifikasi dan pilih nada yang kalian inginkan.
  4. Banyak pilihan nada yang tersedia, jika ingin menambahkan nada yang kalian inginkan. Bisa menambahkannya dari kartu memori yaitu dengan tap ikon tambah dan pilih media yang kalian inginkan.
Pada notifikasi keseluruhan ini kita juga bisa memberikan getar sehingga ketika menerima pesan akan bergetar, atau jika ingin mengaktifkan notifikasi popup juga tersedia seperti halnya notifikasi khusus. Begitu juga jika ingin mengubah nada notifikasi grup, caranya sama dan berada pada pengaturan notifikasi.

Baca juga: 
Mengubah nada notifikasi grup khusus
Cara Membedakan Notifikasi Setiap Kontak Whatsapp

Cara  ini berguna bagi kalian yang ingin membedakan nada notifikasi grup. Jadi kita bisa lebih mudah mengetahui ada pesan dari grup mana yang masuk. Seperti membedakan grup sekolah, grup kelas, dan grup lainnya yang kalian ikuti. Begini caranya,
  1. Pilih Grup Whatsapp yang ingin di ubah nada notifikasinya, dan buka grup info pada menu titik tiga sebelah atas.
  2. Kemudian klik Notifikasi khusus. Pada Notifikasi khusus klik centang "Gunakan notifikasi khusus"
  3. Jika ingin mengubah nada notifikasi k
  4. alian bisa klik Nada notifikasi untuk mengubah nadanya, dan kalian bisa juga menambahkan nada dering notifikasi dari file manager atau musik mp3 sendiri. Cara menambahkan nada dering sendiri yaitu dengan klik ikon tambah dan kalian bisa memilih melalui album musik atau berkas media.

Nah itulah cara membedakan notifikasi setiap kontak whatsapp. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Jika ada yang ingin di tanyakan bisa berkomentar di kolom yang sudah saya sediakan. Dan jika berkenan bisa bagikan artikel ini agar bermanfaat bagi banyak orang. Terimakasih atas kunjungannya.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel