Cara Mengubah Penyimpanan Whatsapp ke Memori Eksternal

Whatsapp atau WA adalah aplikasi pesan chat terpopuler saat ini. Setiap hari pasti kalian menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi atau berbagi media lainnya. Banyaknya data yang masuk setiap hari seperti menerima foto, video, atau data lainnya. Hal ini menjadikan penggunaan memori internal yang banyak. Sehingga kapasitas memori kosong untuk aplikasi lain terbatas, dan menyebabkan lag. 

Smartphone pada saat ini memang sudah banyak tersedia dengan penyimpanan internal yang besar, seperti contohnya ada yang 32GB, 64GB, dan ada juga yang masih setia dengan penyimpanan internal 8GB atau 16GB. Pada saat itu smartphone dengan penyimpanan internal 8GB sudah cukup untuk menampung data yang tidak terlalu besar. Berbeda dengan saat ini, penggunaan sosial media seperti whatsapp contohnya sangat berkembang pesat, bahkan ada yang dalam satu smartphone memiliki lebih dari 5 aplikasi sosial media, yang tentunya membutuhkkan penyimpanan internal yang besar. Kurangnya memori internal dapat menyebabkan ponsel kita lag atau bahkan tidak bisa membuka aplikasi whatsapp, karena penyimpanan internal tidak cukup. Efek dari penyimpanan penuh ini juga berdampak pada aplikasi playstore dan kita tidak bisa mendownload aplikasi, biasanya dengan pemberitahuan penyimpanan penuh.

Secara umum Aplikasi WA menyimpan data seperti video, foto, dan berkas lainnya itu ke memori internal, hal ini karena untuk mempercepat proses untuk membuka kembali berkas foto dan video. Banyaknya data yang masuk setiap harinya menjadikan memori internal penuh. Untuk itu perlunya kita menambahkan memori tambahan untuk mengatasi penuhnya memori internal. Sebagian smartphone telah menyediakan fitur mengubah penyimpanan WA ke memori eksternal atau ke memori sd card. Namun ada juga smartphone yang tidak menyediakan fitur penyimpanan data aplikasi ke eksternal.

Cara termudah untuk mengatasi penuhnya penyimpanan internal karena whatsapp atau WA adalah sebagai berikut:
Cara Mengubah Penyimpanan Whatsapp ke Memori Eksternal

Menggunakan FolderMount (ROOT)

Aplikasi FolderMount adalah aplikasi yang dapat mengubah penyimpanan aplikasi yang tadinya disimpan di internal dapat di ubah ke memori eksternal. Sayangnya aplikasi ini memerlukan root untuk mengaksesnya. Namun menurut saya sebanding dengan fungsi yang tersedia di aplikasi ini. Jadi dengan aplikasi ini kita dapat mengubah penyimpanan whatsapp ke memori eksternal.

Langsung saja, berikut cara mengubah penyimpanan aplikasi ke memori eksternal menggunakan aplikasi FolderMount.

Download dan instal aplikasi FolderMount di playstore.
Cara Mengubah Penyimpanan Whatsapp ke Memori Eksternal

Buka aplikasi FolderMount, maka aplikasi akan melakukan pemerikasaan apakah smartphone kalian dalam keadaan root atau tidak, tunggu beberapa saat.
Cara Mengubah Penyimpanan Whatsapp ke Memori Eksternal

Kemudian pada List of pairs klik tanda tambah untuk menambahkan aplikasi yang akan kita pindahkah ke memori eksternal.
Cara Mengubah Penyimpanan Whatsapp ke Memori Eksternal

Setelah itu kalian akan berada pada Folder pair settings seperti gambar di bawah ini,
Cara Mengubah Penyimpanan Whatsapp ke Memori Eksternal


  1. Pada bagian nama, isi dengan nama forlder yang kalian mau, atau bisa sesuai dengan nama aplikasi yang ingin dipindahkan. Sebagai contoh isikan nama Whatsapp ke Eksternal.
  2. Kemudian klik source, pada kolom ini berfungsi untuk menentukan folder data aplikasi yang akan kita pindahkan. Jika kita akan memindahkan data aplikasi whatsapp, maka klik dan buka memori internal di /storage/emulated/0/Whatsapp.
  3. Pada menu Destination ini merupakan lokasi yang akan menyimpan data yang dipindahkan, atau folder tujuan, pilih eksternal/SD card untuk menyimpan data aplikasi wa.
  4. Exclude from media scan berfungsi untuk mencegah munculnya duplikat di galeri jika data whatsapp yang di internal tidak dihapus, kalian bisa aktifkan fitur ini atau jika tidak ingin data lama dihapus jangan diaktifkan.
  5. Jika semuanya sudah terisi kalian bisa klik tanda centang di pojok kanan atas yang artinya sudah selesai. Dan data Whatsapp akan secara otomatis menyimpan file media, foto, gambar, video, dokumen, dan file-file lainnya di memori eksternal.

Itulah cara memindahkan data whatsapp ke memori eksternal atau sd card. Dengan memindahkan data aplikasi whatsapp ke memori eksternal kalian dapat meminimalkan penyimpanan internal. Sehingga bisa digunakan untuk menyimpan file lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan seputar cara memindahkan data aplikasi ke memori eksternal kalian bisa bertanya di kolom komentar, dan jika berkenan kalian bisa share atau bagikan agar artikel ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terimakasih atas kunjungannya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel